Peluang Emas

30.6.08

Bengkel Mobil Spesialis

Untung dari Mesin Diesel


Prinsip dasar bengkel ini tak jauh berbeda dengan bengkel mobil lainnya. Bengkel ini juga membutuhkan lahan yang pas dan strategis. Kalau perlu di kawasan yang memang diperuntukkan bagi pusat bengkel mobil. Misalnya di bilangan Kelapa Gading atau Kemayoran.


Bedanya, usaha ini memfokuskan diri pada jasa servis mesin tertentu. Sebagaimana diketahui ada dua jenis mesin, yakni diesel dan bensin. Tak serupa dengan mesin bensin, mesin diesel memang agak rumit.


Mesin diesel digerakkan oleh kompresi udara ke dalam silinder. Hasil kompresi itu akan menyemprotkan bahan bakar melalui injector untuk menggerakkan mesin. Dengan kerumitan inilah mesin diesel membutuhkan rawatan tersendiri.


Modal untuk membangun usaha ini bisa mencapai Rp 75 juta. Modal itu sudah termasuk untuk sewa tempat sekitar 10 x 10 meter sebesar Rp 23 juta –hingga Rp 30 juta per tahun. Sisa modal itu bisa dibelikan mesin steam injection pump. Kalau dapat yang bekas, modal bisa ditekan. Usahakan yang masih buatan Eropa seperti Jerman.


Biaya servis injector untuk satu mobil bisa mulai Rp 1,1 juta hingga Rp 2 juta, tergantung kadar kerusakannya. Sertakan tune up gratis bagi mobil yang dirawat injector selama tiga bulan. Usaha ini juga sangat mengandalkan kepercayaan pelanggan. Itu sebabnya, proses perbengkelan sebaiknya digelar di tempat terbuka agar langsung diawasi oleh pelanggan.

Tidak ada komentar:

Referensi Bisnis