Peluang Emas

30.6.08

Usaha Kursus Teknisi Ponsel

Menjamurnya pengguna telefon seluler (ponsel) tak hanya membutuhkan bengkel-bengkel ponsel. Lebih dari itu, bengkel-bengkel itu butuh teknisi yang tidak sedikit. Terlebih lagi, membetulkan ponsel tidak sesederhana menambal ban mobil atau motor. Itu sebabnya, membetulkan ponsel butuh keahlian ekstra dari teknisinya.


Prospek usaha ini sangat bagus. Terlebih pemainnya masih bisa dihitung dengan jari. Di sisi lain, permintaan akan teknisi ponsel yang andal terus meningkat. Bukan itu saja. Peserta kursus bisa datang dari berbagai daerah yang baru saja dijangkau oleh jaringan ponsel. Enaknya lagi, kursus ini berjalan singkat. Dengan demikian, ongkos kursus para peserta pun tidak menggelembung atau terjangkau.


Tak sampai sebulan, peserta kursus sudah mahir. Materi kursus yang mereka dapatkan pelatihan trouble shooting dan reparasi berbagai ponsel yang bermasalah seperti mati total, no signal, no voice, not ringing, LCD blank, phone restarting, insert simcard, simcard rebuilding, baterai boros/drop, not charging, dan lain-lain.


Sedangkan ponsel yang diservis Nokia, Sony Ericsson, Samsung, Siemens, LG, Philips, dan Panasonic. Sebagaimana kursus lainnya, siapkan paket-paket kelas per minggu dengan biaya kursus yang berbeda-beda. Jadi satu kelas yang Anda miliki bisa digunakan silih berganti oleh beberapa kelas. Dengan begitu calon peserta tinggal menyesuaikan dengan waktunya.


Siapkan buku panduan hardware/software, ser­tifikat, CD tutor, bahan praktek dan bimbingan lainnya. Mengenai persyaratan peserta, tidak perlu harus berijazah tertentu. Cukup fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), pasfoto, mengisi formulir, dan membayar uang pendaftaran.


Kalau Anda belum memiliki gedung/ruang sendiri bisa memakai rumah sendiri dulu. Perhitungkan biaya operasional per bulan termasuk gaji karyawan, listrik, telefon, biaya promosi, sewa gedung (kalau menyewa), dan lain-lain. Modal awal usaha ini bisa mencapai Rp 30 juta.


Barangkali modal awal itu cukup besar namun karena tiap bulan ada angkutan dan siswa baru, pemutaran uang di usaha ini berjalan cepat. Dengan biaya kursus Rp 1,5 juta per bulan dan jumlah siswa 10 orang saja maka per bulan Anda bisa mengantongi omzet Rp 25 juta dipotong biaya operasional sekitar Rp 15 juta maka untung bersih mencapai Rp 5 juta. Lumayan kan?


Sebagaimana sudah diutarakan di atas, enaknya usaha ini persaingan belum ketat dan bahkan masih terbilang unik. Oleh karena itu, kalau Anda mampu menjadikannya semakin unik dan prospektif, banyak media akan tertarik meliputnya. Ini menjadi promosi gratis bagi Anda.


6. Usaha Sekolah Terapi Spa


Tidak ada komentar:

Referensi Bisnis