Peluang Emas

30.6.08

Programer Komputer

Sesekali luangkan waktu Anda untuk jalan-jalan ke toko buku besar seperti Gramedia atau Gunung Agung. Barangkali Anda hendak mencari salah satu buku yang hendak dibeli. Anda pun ingin cepat menemukan di mana buku itu berada. Caranya gampang. Tak usah khawatir.


Kalau stok bukunya masih ada, buku kesayangan Anda akan segera ditemui. Tanyakan kepada penjaga toko setempat di mana buku itu berada. Kalau si dia tidak menghafal buku itu, maka komputer yang “akan angkat bicara.” Melalui program komputer, buku tersebut akan segera terdeteksi di mana letak buku itu. Cukup menyebut judulnya, letak buku itu kemudian menyusul.


Mengapa pekerjaan mencari buku menjadi begitu mudah? Jawabannya karena dibantu oleh teknologi komputer. Persisnya, program yang sengaja dibuat untuk membantu aktivitas pendataan toko buku.


Pada intinya, usaha programmer ditujukan untuk mempermudah aktivitas ekonomi, jasa, transaksi, produksi, distribusi, hingga administrasi perusahaan atau instansi non-swasta lainnya.


Bisnis ini sangat dekat dengan mahasiswa jurusan komputer. Meski tidak tertutup bagi mahasiswa jurusan lainnya. Usaha ini membutuhkan keahlian yang cukup tinggi untuk menganalisis masalah dan menyelesaikannya dalam bentuk program komputer.


Tapi kalau Anda tidak ahli banget, dengan bidang ini, jangan kecewa dulu. Anda bisa ikut kursus dengan biasa sekitar Rp 1 juta. Anda bisa mendapatnya dengan harga lebih murah dari harga itu.


Bisnis ini tidak membutuhkan penyewaan ruangan yang luas. Sehingga modalnya pun tidak banyak. Anda hanya cukup menyediakan kartu nama dan hasil karya Anda yang pernah dipakai orang sebagai referensi.


Saat ini, hamper tidak ada bidang kehidupan yang tidak disentuh oleh komputer. Kita sering mendengar ada istilah komputerisasi. Pendek kata, semakin rumit pekerjaan manusia semakin memerlukan komputer untuk mempermudah pekerjaannya. Kalau sudah begini, Anda tak usah khawatir soal pangsa pasar produk Anda.


Pertama-tama Anda bisa membidik perpustakaan di kampus Anda yang makin disesaki oleh buku-buku, Koran, majalah, dan jurnal-jurnal. Dipastikan gudang ilmu di sekolah Anda itu membutuhkan program komputer untuk pendataan. Pengunjung perpustakaan yang membludak juga mempertegas pentingnya komputerisasi pengunjung.


Peluang ini bisa dimasuki produk Anda. Tawarkan kepada kepala perpustakaan di kampus Anda soal produk program terbaru. Jangan-jangan program yang lama sudah tidak banyak membantu aktivitas di perpustakaan itu.


Anda juga bisa menawarkan ke mini market yang menjamur di mana-mana. Biasanya mini market itu masih memakai cara manual. Namun sejalan dengan meningkatnya aktivitas dan volume usaha mereka, kebutuhan akan program komputer yang cepat dan sederhana tak terelakkan.


Anda juga bisa menawarkan ke toko-toko kelontong, penyewaan VCD/DVD dengan program yang lebih sederhana. Yang penting Anda bisa menolong mereka untuk mempermudah penghitungan keluar-masuk produk dan arus keuangan.


Meski sangat dibutuhkan, jasa programmer tidak selamanya tersedia dengan memadai. Mengapa? Pasalnya, tidak banyak orang yang menekuni bisnis ini. Maklum dibutuhkan keahlian yang cukup memadai untuk memperoleh program yang bagus. Maka tak heran kalau penghasilan di bidang bisnis ini sangat menggiurkan untuk ukuran seorang mahasiswa. Satu program Anda bisa dihargai minimal Rp 1 juta meskipun selebihnya tergantung hasil pembicaraan Anda dengan pengguna program Anda.


Enaknya, usaha ini bisa membantu perkuliahan Anda, kalau Anda di jurusan yang sama. Begitu tamat, Anda dengan mudah mendapat pekerjaan. Maklum, Anda ternyata sudah pengalaman dalam bidang Anda. Anda bisa terus menekuni usaha ini kalau ternyata hasil karya Anda makin digandrungi dan terus membantu klien Anda untuk meng-upgrade program Anda.


Tidak ada komentar:

Referensi Bisnis