Peluang Emas

30.6.08

Usaha Kaca Film Mobil

Tidak Butuh Keahlian Khusus


Usaha ini tidak seribet otomotif lain. Namun, pangsa pasarnya tetap seksi. Usaha ini menyediakan jasa pemasangan dan pengadaan kaca film mobil. Jangan tanya soal target pasar jasa ini! Pendek kata sangat dibutuhkan oleh pengguna mobil, utamanya di kota-kota besar.


Semakin langka rasa aman di jalanan membuat usaha ini mekar. Selain itu umumnya pengguna mobil tak ingin isi dalam mobilnya tampak transparan. Maklum, selain tidak enak dilihat-lihat orang lain, transparansi itu bisa juga mengundang pelaku kejahatan untuk beraksi. Pelaku kejahatan bisa melihat dengan jelas barang berharga apa yang ada di dalam mobil.


Itu sebabnya yang sudah memiliki mobil pribadi biasanya akan memasang kaca film dengan tingkat kegelapan tertentu. Dulu ada aturan yang mengatur tingkat kegelapan itu. Belakangan tak ada yang mau ambil pusing. Maklum, tingkat kejahatan semakin menjadi-jadi. Penjahat makin jeli memata-matai isi dalam kendaraan beroda empat. Polisi pun sudah tidak ambil pusing dengan aturan itu.


Enaknya, usaha ini bisa dilakoni dengan modal seadanya hingga bermodal besar. Dengan modal Rp 20 juta, usaha ini sudah bisa jalan. Dengan catatan, Anda siapkan kaca film untuk kelas menengah ke bawah. Kalau Anda mau menyediakan kaca film yang lebih mahal, siapkan modal Rp 50 juta.


Dengan modal menengah ke bawah, Anda bisa meraup keuntungan hingga 40% untuk setiap mobil. Menggiurkan, bukan? Kalau Anda ingin menarik pelanggan lain silakan turunkan sedikit keuntungannya. Tujuannya, agar pelanggan lain tersedot ke bengkel Anda. Sedangkan harga kaca film per mobil Rp 800 ribu.


Itu untuk modal menengah. Untuk modal kelas atas minimal Rp 100 juta. Ini berarti Anda harus menjadi agen. Di kelas atas ada beberapa merk yang bermain. Ada V-Kool, Solar Guard, dan Llunmar.


Sebagai contoh agen Llunmar menyediakan stock buat usaha Anda. Dengan Rp 100 juta dikalikan persentase untung 30%, Rp 15 juta akan menjadi omzet Anda perbulan. Dipotong rupa-rupa pengeluaran, termasuk gaji karyawan dan sewa tempat, bersihnya Anda mengantongi Rp 4,5 juta per bulan. Perkiraan balik modal bisa mencapai dua sampai empat tahunan.


Tidak ada komentar:

Referensi Bisnis