Peluang Emas

16.6.08

Jasa Menulis,Datang, Duduk, Diam, Duit (4D)

Pernahkah Anda membaca buku Harry Potter? Barangkali Anda tak perlu membaca semua seri buku nan tebal itu. Maklum harganya saja sudah mencekik. Yang menarik dari buku ini, tetap saja laris terjual. Dan yang paling menghebohkan, penulisnya J.K. Rowling menjadi orang kaya mendadak bahkan kekayaannya melampaui kekayaan Ratu Inggris.


Hanya dari menulis, seseorang bisa kaya mendadak. Barangkali Anda bisa mulai membidik dunia tulis-menulis dan menjadikannya sebagai bidang usaha. Jasa atau produknya sangat variatif. Bisa menulis buku, cerpen scenario, makalah, pidato, artikel, skripsi, puisi, konsep, hingga pembuatan PowerPoint buat presentasi.


Jasa menulis termasuk peluang usaha yang tidak memerlukan modal yang besar. Asal punya komputer atau minimal mesin tik usaha ini sudah bisa dijalani. Rata-rata para mahasiswa dewasa ini sudah memiliki komputer pribadi. Sebaiknya komputer Anda tersebut dijadikan barang produktif. Selain bisa dipakai untuk kegiatan menulis tugas-tugas perkuliahan, barang elektronik tersebut bisa dipakai untuk kegiatan yang menghasilkan uang.


Bagi yang belum memilikinya, hanya dengan uang Rp 1,5 juta, satu unit komputer sudah bisa menjadi milik Anda. Atau, Anda bisa menyewa komputer teman dan bisa juga di rental. Jasa penyewaan komputer dewasa ini menjamur di sekitar kampus. Jadi tidak susah untuk menemukannya. Hanya saja Anda harus memperhitungkan biaya penyewaan per jam. Soal sewa rata-rata Rp 3.000 hingga Rp 6.000,- per jam. Barangkali Anda punya komputer jinjing atau laptop. Dengan laptop Anda bisa kerja di mana saja.


Kalau belum punya printer, jangan khawatir! Anda juga bisa menyewa di rental. Soal biaya sewa printer bervariasi, ada yang Rp 1.000 per lembar. Namun untuk menghemat pengeluaran, sebaiknya sebelum mencetak hasil karya Anda, periksalah teks sampai bersih dari kesalahan agar Anda tidak mencetaknya berulang-ulang. Jangan lupa siapkan flashdisc atau disket untuk mengambil dan memindahkan data Anda. Harganya antara Rp 125 ribu hingga Rp 350 ribuan per buah untuk flashdisc, tergantung kapasitas dan merknya.


Setelah semua peralatan siap, kini saatnya Anda mencari pelanggan. Pertama Anda bisa menawarkan jasa/produk Anda kepada rekan-rekan Anda di kampus yang merasa kesulitan untuk meluangkan waktu untuk menulis. Minta bahan-bahan penulisan yang mereka miliki.


Anda juga bisa menawarkan tulisan Anda kepada redaksi majalah/bulletin/jurnal di kampus Anda. Biasanya menulis di media komunitas seperti ini honornya kecil atau tidak mendapat bayaran sama sekali. Tapi Anda jangan kecewa dulu! Kalau peluang itu ada.; silakan tulis sebaik-baiknya artikel itu. Maklum tulisan gratis ini akan menjadi alat promosi gratis bagi jasa Anda.


Silakan coba kirimkan tulisan Anda ke redaksi media local atau nasional. Kalau tulisan Anda punya kualitas bagus, actual, tajam dan didukung oleh data-data yang bisa dipertanggungjawabkan, peluang tulisan Anda sangat besar untuk dimuat.


Sekali tulisan Anda dimuat, peluang berikut terbuka lebar. Sambil Anda melakukan semua itu, jajaki kerja sama penulisan buku dengan penerbit. Milikilah alamat-alamat dan nomor telefon para penerbit itu.


Kalau tulisan Anda termuat di media local atau daerah biasanya honor Anda tidak terlalu besar. Tergantung seberapa bonafitnya media cetak daerah itu. Tapi biasanya, Anda mendapat honor lumayan bagi seorang mahasiswa, ratusan ribu rupiah. Kalau sampai masuk media nasional terkemuka tidak mustahil mencapai Rp 1 juta.


Kalau menulis buku, Anda akan mendapat royalty. Banyak rekan-rekan mahasiswa yang terjun ke dalam usaha menulis buku semacam ini. Biasanya mereka menulis buku pelajaran SD, SMP, dan SMU. Untuk penulisan buku, Anda bisa sesuaikan dengan jurusan Anda. Kalau Anda kuliah di fakultas Ekonomi, akan sangat mudah bagi Anda untuk menulis buku ekonomi, meskipun tidak tertutup peluang untuk menulis bidang studi lainnya.


Pendapatan dalam penulisan buku menurut pengalaman banyak mahasiswa sangat menggiurkan. Apalagi kalau tulisan Anda enak dibaca, apa adanya, dan mencerahkan pikiran pembaca.


Enaknya, dalam usaha tulis-menulis ini, Anda punya kebebasan untuk mengatur waktu Anda. Tapi hati-hati! Anda juga harus disiplin dan menetapkan target. Jangan sampai menunda-nunda untuk mulai menulis.


Dunia tulis-menulis ini juga akan sangat membantu jalannya studi Anda. Karena terbiasa menulis, Anda tidak akan kesulitan untuk mengerjakan makalah dan tugas-tugas kuliah Anda. Bahkan usaha Anda ini akan memperkaya studi Anda.


Manfaat lainnya yang tak kalah enaknya, hasil-hasil karya Anda akan menjadi referensi yang bagus buat melanjutkan studi di dalam atau di luar negeri. Setelah studi strata satu usai, Anda bisa langsung melamar ke tingkat master/magister. Maklum pengalaman kerja dan hasil karya Anda akan menjadi sangat menolong Anda. Kalau sudah begini, Anda berpeluang untuk menyelesaikan studi Anda ke jenjang tertinggi dalam waktu sesingkat-singkatnya. Alhasil, pekerjaan tidak mengganggu studi, justru menunjang studi Anda.


Tidak ada komentar:

Referensi Bisnis