Peluang Emas

30.6.08

Usaha Bengkel Mobil Partikelir

Untungnya Bisa Mencapai Rp 40 Juta/Bulan


Jumlah mobil pribadi terus bertambah. Bengkel mobil pun berdiri di mana-mana. Herannya, usaha ini masih saja menggiurkan. Alasannya, pangsa pasarnya tetap luas. Merawat mobil memang sudah menjadi kewajiban pengguna mobil.


Saat ini perawatan mobil dilayani oleh dua macam bengkel resmi agak kesulitan menyediakan komponen yang sering langka.


Sedangkan bengkel partikelir jauh lebih murah dan para montirnya jauh lebih piawai mengatasi masalah kelangkaan komponen. Itu sebabnya usaha ini sangat menggiurkan. Hanya saja, dalam usaha ini Anda mesti pandai-pandai memilih montir. Kalau bisa carilah montir yang sudah berpengalaman.


Biasanya, montir yang sudah punya nama akan sangat berpengaruh terhadap datangnya pelanggan. Pelanggan biasanya akan pindah ke bengkel baru tempat sang montir bekerja. Gaji montir senior biasanya mencapai Rp 2 juta per bulan. Itu belum termasuk uang makan Rp 60 ribu per hari. Kalau hasil kerja montir Anda bagus, pelanggan biasanya menitip uang tips.


Mencari lahan untuk bengkel ini memang gampang-gampang susah. Kalau kawasannya sudah terkenal, nilai kontrak lahan per tahun mencapai Rp 30 juta seluas 15 x 15 meter misalnya di daerah bekas landasan pacu Kemayoran. Kalau modal belum cukup, Anda bisa bermitra dengan pemilik lahan dengan cara bagi hasil. Biasanya bagi hasilnya 50%-50% atau 40%-60%.


Modal untuk membuka bengkel partikelir bisa mencapai Rp 100 juta. Modal itu bisa dipakai untuk menyewa lahan, membeli kunci-kunci, onderdil, dan peralatan bengkel lainnya. Usaha bengkel ini rata-rata bisa untung Rp 20 juta – Rp 40 juta per bulan setelah dipotong dana operasional dengan catatan bengkel Anda didatangi hingga 30 mobil per hari. Margin income-nya memang sangat menggoda. Enaknya, usaha ini adalah pembayaran onderdil ke pemasok bisa mundur sampai lima bulan ke belakang.


Selain soal lokasi, kunci sukses usaha ini adalah kepuasan pelanggan. Upayakan agar pelanggan datang kembali ke bengkel Anda kelak. Maklum perawatan mobil harus terus jalan. Kalau Anda konsumen yang kurang puas, segera tanggapi dengan serius. Mohon maaf kepada pelanggan itu dan layani saja dengan tersenyum. Dengan cara demikian pelanggan merasa sangat terlayani. Kecerobohan montir, bisa Anda atasi dengan cara demikian. Begitu mobil pelanggan kembali menemui masalah, dia akan kembali ke bengkel Anda.


2 komentar:

Unknown mengatakan...

dengan bertambahnya mobil di indonesia membuka usaha bengkel mobil kelihatannya menjanjikan,,tapi mobil sekarang2 ini sudah banyak yang menggunakan injection dan banyak perlengkapan komputernya dari itu membuka bengkel harus bisa mengerjakan semuanya kami disini ingin coba menawarkan alat scanner untuk mobil injection dengan harga yang terjangkau & jika ada yang Berminat & ingin lebih tahu ataupun ingin bertanya lebih detail langsung saja Hub kami di:(kantor: 02180870604), (mobile:085691019003), (pin BB:306C531C), (email:automega_77@ymail.com) atau kunjungin website kami di:www.automega.web.id & www.alatcucimobil.com.

warung oli mengatakan...

setiap mobil membutuhkan pelumas mesin yang sesuai dengan spek..kami warung oli selaku distributor beberapa merk oli (shell, castrol, mobil1, mobil super 2000, TGMO, dll) dapat menyuplai kebutuhan pelumas untuk toko, dan bengkel mobil..telpon : 085692118676 (alamat : jalan syamsurizal no.2 menteng jakarta pusat) email : warungoli@yahoo.com

Referensi Bisnis