Peluang Emas

30.6.08

Usaha Sekolah Terapi Spa

Permintaannya Sampai ke Luar Negeri


Tidak dapat dipungkiri bahwa pusat-pusat relaksasi semacam spa bermunculan di mana-mana. Pertumbuhan spa setiap tahun antara 10 – 15%. Pada bagian lain, tenaga terapis spa justru masih terbatas. Pasokan tenaga terapis dianggap kurang dan masih jauh dari kebutuhan. Sekolah spa sendiri masih bisa dihitung dengan jari.


Membangun sekolah terapis spa memang butuh pengetahuan yang luas tentang terapi itu sendiri. Namun, kalau sekadar buat investasi, tentu Anda bisa memilih lewat franchise. Kalau lewat franchise Anda mesti memperhitungkan franchise fee-nya yang cukup mahal. Baru franchise fee-nya saja Anda harus merogoh kocek hingga Rp 150 jutaan. Itu belum termasuk modal awalnya Rp 400 jutaan. Hanya saja, kalau Anda tidak ingin terlalu repot memulai usaha ini, franchise menjadi pilihan yang tepat.


Kalau franchise, franchisor akan sangat selektif dalam memilih lokasi. Bagusnya, lokasi yang dimaksud tidak harus lokasi mahal, karena, target siswanya dari kelas ekonomi ke bawah, yang penting lokasi itu terjangkau oleh kendaraan umum. Franchisor yang sudah “punya nama” dalam bisnis ini adalah Puspita Martha International Beauty School.


Selain itu ada beberapa kebutuhan dasar yang sangat memengaruhi kelangsungan usaha ini. Pertama, tenaga pengajar. Kalau Anda franchise, enaknya, tenaga pengajar sudah disiapkan. Kalau buka sendiri, Anda harus bergerilya sendiri untuk mencari tenaga pengajar yang kompeten.


Kedua, menyiapkan kurikulum. Ada dua macam kurikulum. Kurikulum nasional atau internasional. Ketiga, promosi. Anda harus menggelar promosi ke kelas bawah. Hanya saja, agar menarik, dalam promosi itu harus diikuti dengan penyediaan kesempatan kerja bagi siswa-siswa.


Mengenai kelas pelatihan, siapkan ruangan kelas teori dan praktek. Ruangan kelas teori bisa berupa kelas yang diisi oleh kursi kuliah, meja, whiteboard, dan overhead. Ruangan praktek berupa bilik-bilik yang disekat yang menjadi tempat praktek.


Agar sekolah Anda cepat maju dan terpercaya, silakan kerja sama dengan pusat-pusat spa baik di dalam maupun luar negeri. Maklum permintaan tenaga terapis di luar negeri sangat banyak. Kalau di dalam negeri Anda bisa bekerja sama dengan hotel-hotel dan pusat kebugaran. Di sana Anda menjadi pemasok tenaga terapis.


Yang tidak kalah penting Anda perhatikan adalah pengeluaran gaji tenaga pengajar, biaya pemeliharaan sekolah, keamanan, kebersihan, dan lain-lain. Pungutan biaya bisa Anda sesuaikan dengan pengeluaran. Namun pengalaman yang ada pendapatan dari usaha ini mencapai puluhan juta per bulan. Alasannya, karena perputaran siswa sangat cepat (tiga bulan sekali). Bukan itu saja, training bisa digelar setiap hari dengan kelas yang berbeda-beda.


Tidak ada komentar:

Referensi Bisnis